Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Kie Raha yang meliputi aspek Sikap (S), Pengetahuan (P), Keterampilan Khusus (KK), dan Keterampilan Umum (KU).

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Esa dan Mampu menunjukan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusian dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila
  4. Berperan sebagaiwarga warga negara yang bangga dan cintah tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dankepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis tentang sejarah dan ilmu bantunya.
  2. Menguasai konsep teoritis tentang prinsip dan prosedur ilmiah di bidang pendidikan sejarah
  3. Mampu mengetahui konsep teoritis tentang prosedur dan prinsip penelitian sejarah dan budaya\
  4. Menguasai sejarah lokal, nasional, dan kawasan 
  5. Mampu memanfaatkan konsep, metode, dan strategi untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan  pembelajaran sejarah
  6. Menguasai Perkembangan kurikulum pembelajaran sejarah
  7. mampu melaksanakan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan IPTEKS di bidang pendidikan sejarah, serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan sejarah.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan model/metode, media dan sumber pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran sejarah
  2. Mampu memanfaatkan IPTEK dalam pembelajaran sejarah
  3. Mampu mengeksplorasi nilai-nilai kesejarahan dalam pembelajaran sejarah
  4. Mampu menganalisis permasalahan dan merumuskan solusi pembelajaran sejarah sesuai degan zaman
  5. mampu melakukan penelitian pendidikan sejarah, dan sejarah lokal serta mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya di media/jurnal ilmiah
  6. memiliki keterampilan kepemimpinan dan mengelola proses pembelajaran sejarah sesuai dengan jenjang pendidikannya.
  7. Mampu menguasai kearifan lokal dan kepariwisataan Kesejarahan

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang pendidikan sejarah, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  4. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencega plagiasi