Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Kie Raha yang meliputi aspek Sikap (S), Pengetahuan (P), Keterampilan Khusus (KK), dan Keterampilan Umum (KU).
Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Esa dan Mampu menunjukan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusian dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila
- Berperan sebagaiwarga warga negara yang bangga dan cintah tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dankepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang sejarah dan ilmu bantunya.
- Menguasai konsep teoritis tentang prinsip dan prosedur ilmiah di bidang pendidikan sejarah
- Mampu mengetahui konsep teoritis tentang prosedur dan prinsip penelitian sejarah dan budaya\
- Menguasai sejarah lokal, nasional, dan kawasan
- Mampu memanfaatkan konsep, metode, dan strategi untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran sejarah
- Menguasai Perkembangan kurikulum pembelajaran sejarah
- mampu melaksanakan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan IPTEKS di bidang pendidikan sejarah, serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan sejarah.
Keterampilan Khusus
- Mampu mengaplikasikan model/metode, media dan sumber pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran sejarah
- Mampu memanfaatkan IPTEK dalam pembelajaran sejarah
- Mampu mengeksplorasi nilai-nilai kesejarahan dalam pembelajaran sejarah
- Mampu menganalisis permasalahan dan merumuskan solusi pembelajaran sejarah sesuai degan zaman
- mampu melakukan penelitian pendidikan sejarah, dan sejarah lokal serta mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya di media/jurnal ilmiah
- memiliki keterampilan kepemimpinan dan mengelola proses pembelajaran sejarah sesuai dengan jenjang pendidikannya.
- Mampu menguasai kearifan lokal dan kepariwisataan Kesejarahan
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang pendidikan sejarah, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencega plagiasi